Sobat MMBlog sekalian, akhirnya MMBlog
dan temen-temen blogger kesampaian juga untuk mengetes dan
mengeksplorasi Honda All New CBR150R 2016! Berlokasi di Taman Mini
Indonesia Indah, MMBlog bersama dengan temen-temen blogger dan HC3 AHM
bersama-sama menjajal motor ini Sob. MMBlog kedapetan giliran di kloter
kedua, lumayan waktunya bisa agak lamaan nih buat jajalin All New
CBR150R, data per-gigi sampai gigi 3 bisa MMBlog dapatkan, terus gimana
impresinya?
Masalah Ergonomi udah MMBlog bahas di sini yah
Sob. motor terasa lebih sporty, namun tetap ramah untuk digunakan
harian. Apalagi ini motor juga slim, dan revisi pada tangki yang slim
itupun bikin posisi riding jadi lebih bersahabat. Memang, seni tangki
gendut pada motor-motor sport jadi berkurang, tapi okelah, tetep mantep!
Terus, kita bahas performanya yah.
Performa
All New Honda CBR150R punya dapur pacu
150 CC, bore and strokenya pun beda tipis, masih lebih besar strokenya.
Karakter begini berarti mirip-mirip dong yah sama Honda CB150R yang baru
itu Sob. betul banget, emang karakternya powernya agak mirip, tapi
kalau temen-temen perasa, tarikan demi tarikan, dari mulai bawah,
tengah, hingga menengah atas pada All New CBR150R berasa lebih ngisi!
Tarikan serba padat, torsi terkail sempurna hingga rpm 9000-an!
Mesin motor mulai tercekik oleh limiter
di RPM 10.500 Sob. melaju dari Nol kilometer per jam hingga 80 km/jam
dapat dilakukan effortless, santai, gan mesin rileks. Sebenernya point
utama yang MMBlog dapatnya, Honda CBR150R ini punya rolling power yang
presisi, maksimal, ketika temen-temen riding dari kecepatan 30 km/jam
sampai 70km/jam. Tenaga di kecepatan segitu, hentak dari gigi 2, geber
sampai 600 rpm shifting gigi 3, akan nyaman banget!
Performa begini akan maksimal untuk
riding harian di perkotaan, terlebih tambahan ergonominya yang ternyata
gak terlalu bongkok, bikin riding jadi tambah nyaman Sob. terus vibrasi
aka getarannya gimana mas? Getaran mulai kerasa di selangkangan pas rpm
ngitir di 7000-8000 rpm Sob, monggo di dicoba kalau temen-temen
penasaran yah, hehehe.
Nah, terus gimana performa motor per gigi kalau digeber sampai tembus redline?
Gigi 1 : kecepatan tembus hingga 43 km/jam
Gigi 2 : Kecepatan tembus hingga 70 km/jam
Gigi 3 : Kecepatan tembus hingga 91 km/jam
Gigi 4, 5, 6, MMBlog gak ukur satu per
satu, soalnya trek udah abis dan ngeri-ngeri sedap. Yang jelas top speed
bisa MMBlog bukukan di 105 km/jam Sob. Om Kobayogas tembus sampai
120-an km/jam dia, wakakakka, emang ghost rider nyalinya kebanyakan euy
. yang jelas, karakter napas dari motor ini pendek-pendek, kalau
temen-temen sering bawa All New Streetfire, yaa masih lebih panjang dan
lebih ngurut CBR ini power hentakan torsinya masbro.
Handling dan Suspensi
Motor secara tampilan udah kece, sporty,
jiaah! Pakar handling dong berarti, apakah benar? Naahh, ternyata emang
sesuai dengan wujudnya masbro! Motor bisa dibilang punya karakter yang
penurut, bukan motor liar yang demen ngeberontak. MMBlog mendapatkan
testimoni kalau CBR150 CBU Thailand, punya karakter handling yang agak
ngelawan, apalagi kalau jalannya agak bumpy, agak tricky, berdasarkan
pengalaman dari kang Eno Anderson dan Mas Nurhidayat.
Ternyata hal ini gak berlaku sama All
New CBR150R. Motor ini punya handling yang nurut, jinak, dan antep. Ban
IRC Roadwinnernya emang punya grip yang lumayan asyik ketika diajakin
belok-belok rebahan. Jujur, MMBlog sih lebih pengen tahu gimana ini
motor kalau diajak belok biasa aja, dan ternyata emang mudah! Ngelihat
Mas IWB, Om Kobay, pada gendeng semuah, beloknya sampe itu dengkul
off-side euy . Motor miring-miring gak karuan, tapi tetep stabil!
Suspensinya? Depan belakang ternyata
punya karakter stiff Sob, agak keras dia. Tapi pas boncengan baru kerasa
deh empuknya, hehehe
pantes nikungnya enteng dan stabil banget. Mau pake teknik counter
steering? Waahh, edisi gampak bin mudah banget kalau pake CBR150R mah.
Apalagi setang jepit dan posisinya agak rendah itu bikin pengendalian
motor jadi full of control! Gak ada yang namanya berontak gak
karu-karuan.
Pengereman
Ini dia yang bikin MMBlog jadi
terkagum-kagum, rem dari All New CBR150R ini ternyata pakemnya pake
banget. Selama riding, bisa dibilang MMBlog hanya menggunakan rem depan
saja, dan itu juga udah sangat mumpuni. Sempet hard braking karena om
kobay juga hard braking, luar biasa, motor gak ngelimbung, deselerasi
dapat diprediksi dengan presisi, kita mau berhenti dimana, bisa kita
rencanakan dengan amat sangat baik. Apalagi, kalau temen-temen riding
pake sarung tangan khusus riding yang punya kualitas! MMBlog riding
pakai sarung tangan Ixon RS harian, ngerem menekan tuas remnya jadi
mantap! motor berdeselerasi maksimal!\
Riding Quality
Honda CBR150R 2016 ini menawarkan riding
bergaya sportbike yang friendly, controllable, fun, dan bertenaga.
Motor punya mesin yang bersahabat, gak mengintimidasi, begitu pula
dengan tinggi joknya. Terlebih, joknya sekarang juga udah empuk lho,
silahkan teken-teken aja sendiri, hehe. instrumen dari speedometer dapat
dipantau oleh mata dengan sedikit tundukan. Udah ada gear indicator,
jadi riding tambah menyenangkan masbro. Udah gitu ada pass beam juga kan
sekarang, jadi makin enak kalau mau komunikasi!
Motor juga punya spion yang berfungsi
maksimal melihat kondisi belakang. Ya udah bener-bener motor sport lah,
hehehe. Waduh, mas kok nulis kelebihannya terus nih, gimana ada
kekurangannya gak? Selama MMBlog riding, palingan ya kalau MMBlog
pribadi sih agak kurang dapet chimistri aja sama setang jepit, xixixi.
Terus ada lagi gak yah? Palingan itu, kalau bagi temen-temen yang demen
geber motor sampai redline, speedfreak, screaming lovers, ini motor
cepet banget rpmnya melonjak dan kena limiter, mau dioprek? Silahkan
masbroooo
Oke deh, kira-kira itulah yang bisa
MMBlog sharing ke temen-temen mengenai pengalaman test ride Honda All
New CBR150R. Harga yang ditawarkan memang maknyus buat dompet, tapi
MMBlog bilang mah worth it laahh, apalagi tadi pas test ride banyak yang
pada ngelihatin, hehehe. Oke deh, semoga berguna yah!
Thanks to Mas Iwanbanaran for the gorgeous picture!
SUMBER MONKEYMOTOBLOG.COM
0 komentar:
Posting Komentar